Tamera Mowry-Housley: Perbedaan Mengasuh Anak Lelaki dan Perempuan

By  | 

Kala aktris Tamera Mowry-Housley dan Sang Suami, Adam Housley menyambut kelahiran anak kedua mereka, Ariah Talea, yang berjenis kelamin perempuan pada Juli tahun lalu, kebahagiaan mereka semakin lengkap sebagai sebuah keluarga. Pengalaman mereka sebelumnya sebagai orangtua dari seorang anak laki-laki bernama Aden, ternyata membuktikan kalau mengasuh anak lelaki dan anak perempuan sangatlah berbeda.

“Saat Anda membesarkan seorang anak laki-laki, mereka sangat aktif. Energi mereka sangat besar, dan banyak melakukan aktivitas fisik. Aden sangat suka berlarian sedangkan Ariah, lebih kalem,” ujarnya pada PEOPLE.

“Selain itu, Ariah cenderung lebih emosional. Saat saya bersin, reaksi Aden hanya menatap saya dengan ekspresi seperti ‘mama kenapa?’, sedangkan Ariah akan langsung menangis,” jelas aktris berusia 37 tahun ini tentang perbedaan sifat antara Aden dan Ariah.

“Saya coba katakan ini pada suami saya, ‘Lihatlah! Ini hal yang wajar! Seperti inilah kami! Pembawaan kami (wanita) memang lebih emosional!'” ujar pemain film Hot Chics ini.

Walau begitu, menurut Tamera, Ariah kini sudah tak seemosional sebelumnya. “Ia sekarang tak lagi seemosional saat masih bayi. Namun saya tahu, begitu ia memasuki usia remaja, bisa saja Ariah akan lebih sulit dihadapi. Memiliki anak lelaki terasa sangat menantang di awal. Namun akan semakin mudah saat ia beranjak besar, sedangkan dengan anak perempuan akan sangat berbeda. Akan mudah menghadapinya di awal, namun akan terasa lebih sulit saat ia beranjak besar,” urainya lagi.

Tak lama lagi Ariah akan berulang tahun yang pertama. Belajar dari pengalaman sebelumnya saat merayakan ulang tahun Aden yang pertama, mereka memutuskan untuk merayakannya dengan cara yang berbeda. “Belajar dari pengalaman saat merayakan ulang tahun Aden yang pertama, kami menghabiskan banyak uang untuk merayakan ulang tahunnya, dan ia tak mengingatnya. Jadi kami memutuskan merayakan ulang tahun pertama Ariah dengan lebih sederhana,” terangnya.

Mereka memutuskan untuk merayakan ulangtahun Ariah bersama kedua keluarga besar di New Orleans sambil menghadiri acara musik Essence Music Festival.

Tamera juga terlihat sangat bangga saat menceritakan kemampuan baru putri kecilnya yang belum genap berusia satu tahun ini. “Saat saya memggenggam tangannya, ia akan langsung mencoba berjalan. Sangat senang rasanya melihat kemampuannya ini. Ariah juga sudah mulai bisa bicara dan baru saja bisa bertepuk tangan. Bagi saya itu sangat keren, mengingat saya sudah mengajarinya cukup lama. Dan tiba-tiba, ia bisa melakukan semuanya!” ujar Tameera dengan bangga. (Tammy Febriani/KR/Photo: Various)

Shares