Beauty & Style

Q & A : Kapan Sebaiknya Melakukan Prenatal Yoga?

By  | 

Q : Dear Smart Mama, saat ini saya tengah mengandung 10 minggu dan mulai ingin melakukan olahraga. Saya tertarik dengan kelas prenatal yoga. Yang ingin saya tanya, kapan saya bisa memulainya dan apa saja manfaatnya selama kehamilan. Terima kasih. Yane, 30 tahun, Mams to be.

 

A : Hai Mams Yane, olahraga yoga jelas baik dilakukan selama kehamilan. Anda bisa ikuti kelas Pre-natal yoga. Yoga jenis ini dirancang khusus untuk melatih otot rahim dan panggul, guna menunjang perkembangan janin serta mempersiapkan tubuh untuk proses persalinan. Jika Anda belum pernah melakukannya yoga sebelumnya, maka waktu terbaik adalah pada trimester kedua atau sekitar 14 minggu. Sangat tidak dianjurkan melakukan yoga di trimester pertama. Meskipun tidak ada bukti bahwa melakukan yoga atau latihan lainnya di trimester pertama akan membahayakan kehamilan. Namun, untuk mencegah terjadinya keguguran, beberapa insruktur yoga merekomendasikan untuk tidak berlatih yoga di trimester pertama.

Senam yoga sangat bermanfaat untuk proses persalinan. Manafaat dari Yoga antara lain,  bisa melatih otot panggul, agar menjadi lebih kuat dan elastis, sirkulasi darah di sekitar daerah panggul  lebih lancar, sehingga memudahkan Anda  melakukan persalinan secara normal. Dengan latihan pernapasan selama yoga, Anda akan terbiasa melakukan napas pendek dan cepat, serta panjang dan dalam. Latihan napas panjang dan dalam bisa menenangkan calon ibu untuk melalui rasa sakit dalam proses persalinan, serta memicu sistem saraf yang memperlancar pembukaan dan peregangan dinding vagina.

Kehamilan adalah waktu yang ideal untuk memulai yoga. Gerakan tubuh untuk pemula lebih sederhana dari pada kebanyakan orang bayangkan. Biasanya, Anda akan memulai dengan gerakan lembut dan perlahan-lahan. Instruktur Anda juga akan memodifikasi gerakan sehingga sesuai dengan tahap kehamilan. Yang terpenting adalah dengarkan dan perhatikan setiap gerakan yang instruktur berikan. Anda tidak perlu khawatir, gerakan yoga pada umumnya dirancang untuk meregangkan otot. Tapi jika Anda merasa sakit dan tidak nyaman saat melakukan senam yoga, sebaiknya memutuskan untuk berhenti. Selain itu, jangan ragu untuk beristirahat jika Anda merasa lelah selama kelas yoga. Minumlah air mineral secukupnya agar tidak terjadi dehidrasi. Sangat dianjurkan pula bagi Anda untuk mengonsumsi makanan ringan satu atau dua jam sebelum kelas senam yoga dimulai. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares