Health

Buah Bervitamin Untuk Meningkatkan Trombosit

By  | 


Penyakit demam berdarah dengue yang disebabkan oleh virus mengakibatkan turunnya jumlah trombosit di dalam darah. Jika Si Kecil terkena penyakit ini, Mams, Anda tidak perlu panik. Beberapa pilihan buah berikut, diketahui mampu meningkatkan jumlah trombosit yang telah turun.


Pepaya
Buah pepaya ataupun daunnya  ternyata memiliki khasiat untuk meningkatkan jumlah trombosit. Dengan mengosumsi jus daun pepaya dua kali sehari dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah secara alami.
Delima (Pomegranate)
Buah delima kaya akan kandungan zat besi yang  bermanfaat dalam menambah trombosit darah. Selain zat besi, buah delima juga dilengkapi dengan berbagai vitamin yang berguna dalam menghimpun kekuatan agar tidak lemah dalam menghadapi demam dengue.

Jeruk
Penyebab turunnya jumlah trombosit adalah kurangnya asupan folat atau vitamin B9. Salah satu buah yang tinggi kandungan folatnya adalah jeruk. Anda bisa mengonsumsi jeruk dalam bentuk jus untuk dapat memperoleh folat. Orang dewasa dalam sehari paling tidak membutuhkan 400 mg folat.

Anggur Kering (Kismis)
Kismis atau buah anggur yang dikeringkan ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, yaitu sebesar 30%. Hal itu membuat kismis menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

Buah-buahan yang Tinggi Kandungan Vitamin K
Vitamin K memegang peranan penting dalam proses pembekuan darah bersama dengan trombosit. Adanya vitamin K dalam tubuh akan menstimulasi tubuh untuk lebih banyak memproduksi trombosit. Oleh karena itu, beberapa buah yang kaya akan kandungan vitamin K berpotensi untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah, yaitu seperti alpukat, kiwi, pir, anggur, serta delima atau pomegranate. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares