Mind

5 Trik untuk Keluar dari Zona Nyaman

By  | 

Terlalu lama berada di suatu kondisi membuat Anda jadi merasa nyaman, bahkan terlalu nyaman hingga Anda jadi seperti berjalan di tempat. Banyak orang memilih menghabiskan waktunya di zona nyaman karena takut kalau harus menghadapi hal yang tidak ia ketahui. Padahal, kan memang tak akan ada yang bisa tahu apa yang akan terjadi di masa depan, bisa lebih buruk, atau justru ada kesempatan emas di depan sana untuk Anda. Dan untuk mengetahuinya, terkadang Anda harus keluar dari zona tersebut. Memang tidak mudah, tetapi beberapa hal berikut ini dapat membantu Anda keluar dari zona nyaman.

  1. Melakukan hal di luar kebiasaan. Kebiasaan yang Anda jalani setiap hari adalah alasan yang membuat Anda jadi malas beranjak dari zona nyaman dan menolak untuk mencoba hal baru. Coba deh lakukan hal-hal di luar kebiasaan dan beranikan diri melakukan sesuatu yang baru. Rasanya akan sangat berbeda!
  2. Lebih fleksibel. Terkadang, prinsip hidup yang Anda pegang teguh selama ini justru jadi salah satu hal yang menghambat diri untuk berkembang. Cobalah untuk lebih fleksibel ya, Mamas.
  3. Tahu apa yang diinginkan. Cari tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan dan cari tahu bagaimana meraihnya. Tetap berada di zona nyaman hanya akan menghalangi Anda untuk meraih keinginan Anda yang sebenarnya
  4. Buat perubahan. Agar tidak kaget, Anda dapat keluar dari zona nyaman dengan melakukan perubahan sedikit demi sedikit secara perlahan. Dengan begini, Anda akan lebih percaya diri untuk melakukan perubahan yang lebih besar.
  5. Berani gagal. Hal lain yang membuat seseorang tak mau meninggalkan zona nyamannya adalah karena takut menghadapi kegagalan. Jangan biarkan rasa takut ini menghalangi Anda untuk maju. Yakinkan diri Anda bahwa semua akan baik-baik saja. Dan bila Anda harus mengalami kegagalan, maka itu akan jadi pengalaman hidup bagi Anda untuk lebih ‘berani’ keluar dari zona nyaman. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares