Mind

Tip Bersosialisasi dengan Tetangga

By  | 

Tinggal di perumahan bukan berarti Anda tidak peduli dengan lingkungan di sekitar. Building a good relationship with your neighbors is essential for creating a great home environment. Right, Mamas!

Apakah Anda mengenal tetangga yang tinggal bersebelahan?  Apakah Anda tahu apa pekerjaan mereka yang tinggal di sebelah Anda? Tak ada salahnya, lho, untuk saling mengenal mereka. Selain menambah kenalan, Anda juga bisa saling membantu jika ada kebutuhan, misal meminjam perkakas rumah tangga, bahkan meminta hal sesederhana seperti, garam!

Agar hubungan Anda dan tetangga selalu harmonis, jangan lupa untuk hidup dengan toleransi. Simak apa saja yang harus Anda perhatikan jika tinggal di perumahan atau cluster.

1. Perkenalkan diri. 

Bila Anda Andalah pendatang baru, perkenalkan diri Anda setidaknya pada tetangga yang tinggal di samping dan di depan rumah Anda. Lebih baik lagi jika Anda bisa mengenal seluruh tetangga yang Anda di dalam wilaya Rukun Tetangga. di2. Be friendly. 

Anda tak perlu mengenal akrab para tetangga Anda, namun sapaan kecil tetap diperlukan untuk menjalin hubungan baik. Apalagi jika cluster atau perumahan  yang Anda tinggali dihuni banyak orang, rasanya sulit mengingat nama-nama orang yang jarang Anda temui. Namun dengan rajin menyapa, setidaknya Anda sudah membuka diri pada mereka.3. Tidak ribut saat datang dan pergi. 

Hindari berjalan dengan langkah bergemuruh atau berlari-lari, terutama jika Anda pergi di pagi hari saat matahari belum terbit atau pulang tengah malam.4. Tenggang Rasa. 

Mengobrol atau tertawa dengan suara keras sebaiknya juga dihindari, terutama di jam-jam istirahat. Anda juga harus menjaga volume suara televisi atau musik yang Anda putar. Jika Anda akan mengadakan pesta kecil dengan mengundang teman-teman datang ke apartemen Anda, jagalah  suara agar tidak mengganggu ketenangan tetangga Anda5. Saling menjaga kebersihan. 

Jagalah selalu kebersihan  di sekitar rumah Anda. Jangan biarkan sampah berserakan sehingga mengotori sekitarnya. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares