Health

6 Penyebab Miss V Anda Gatal (dan Cara Mengatasinya)

By  | 

Gatal pada Miss V memang merupakan hal yang wajar ya Mams dan kerap dialami oleh hampir semua wanita. Namun jika rasa gatal tersebut berkepanjangan hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu Anda patut curiga ada masalah dalam Miss V Anda. Untuk itu, yuk kenali penyebab Miss V Anda gatal dan soluisnya.

  1. Penggunaan bahan kimia. Bahan kimia yang Anda gunakan seperti sabun, tisu, krim hingga kondom dapat menjadi salah satu penyebab Miss V Anda gatal. Yang harus Anda lakukan adalah mempelajari produk apa yang membuat Miss V Anda gatal, dan mengganti produk tersebut dengan yang lain.
  2. Infeksi jamur. Jamur merupakan salah satu kasus Miss V gatal yang banyak terjadi pada wanita. Biasanya terjadi pada wanita yang tengah mengandung, yang aktif secara seksual serta kekebalan tubuhnya sedang menurun. Selain gatal, infeksi jamur juga dapat menyebabkan keputihan. Untuk mengatasinya, rawat vagina dengan vagina spa, jika berkelanjutan segera hubungi dokter yang biasanya akan memberikan antibiotik.
  3. Vaginosis bakteri. Sebenarnya keberadaan bakteri di area vagina merupakan hal yang wajar, namun terkadang bakteri jahat juga ikut masuk ke dalam Miss V yang dapat membuat vagina Anda gatal serta perih. Sama halnya dengan infeksi jamur, segera hubungi dokter untuk ditangani lebih lanjut.
  4. Penyakit Menular Seksual. Nah yang satu ini juga dapat menjadi penyebab Miss V Anda gatal. Biasanya, jika Anda tertular penyakit herpes, klamidia, trikomoniasis atau gonore, Miss V Anda akan bermasalah. Cegah hal ini dengan safe sex ya Mams.
  5. Prekanker. Miss V gatal juga dapat menjadi salah satu petanda atau gejala penyakit kanker. Itu sebabnya, Anda harus rajin melakukan pap smear secara rutin, sebab gejala penyakit yang satu ini seringkali mirip dengan gejala penyakit lain.
  6. Stres. Meski kasus ini jarang terjadi, namun beberapa penelitian mengatakan, stres juga dapat menjadi penyebab Miss V Anda gatal dan mengeluarkan cairan. Untuk mengatasinya, tentu saja Anda harus relaks dan berpikir positif. Dan yang tak kalah penting adalah istirahat yang cukup. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares