Education

Sekolah Berbasis Agama Vs Sekolah Umum

By  | 

Saat anak memasuki usia sekolah, beberapa orangtua, bahkan mungkin juga Anda, menghadapi kebimbangan ke manakah harus menyekolahkan Si Kecil. Apakah sebaiknya menyekolahkan anak di sekolah berbasis agama semenjak dini agar ia mengenal agamanya sejak kecil, atau cukup di sekolah umum saja?

Sebenarnya, apakah Si Kecil harus bersekolah di sekolah agama atau umum (sekuler), merupakan prinsip penting yang harus diputuskan orangtua. Bagaimana Anda dan pasangan ingin membesarkan anak? Bila Anda membebaskan anak mengenal semua agama terlebih dahulu sambil mengenalkan agama yang dipeluk Anda dan suami secara perlahan, maka Anda bisa memasukkan Si Kecil di sekolah sekuler ya, Mams.

Namun jika Anda dan suami sependapat mengajarkan agama dari keluarga sejak kecil, maka sekolah berbasis agama bisa menjadi pilihan tepat. Di sekolah tersebut Si Kecil akan mulai dikenalkan dengan agama yang dianut sedikit demi sedikit, seperti doa sebelum beraktivitas, dan kegiatan agama lainnya di antara kegiatan belajar mengajar sehari-hari.

Di manapun akhirnya Si Kecil bersekolah nanti, arahan dan landasan pola asuh bagi anak harus berdasarkan kesepakatan dan prinsip kehidupan yang diyakini oleh Anda dan suami ya, Mamas. Agar hasil yang diraih nanti akan baik untuknya. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares