Education

Smart Mama Story : Manfaat Menitipkan Anak di Day Care

By  | 

Child day-care atau tempat penitipan anak saat ini memang tengah jadi pilihan untuk banyak ibu bekerja, mungkin termasuk Anda. Hampir semua penitipan anak menawarkan ragam kegiatan yang mendidik meskipun dirancang seperti arena permainan lho, Mams. Anda sebagai orangtua jelas cukup diuntungkan karena bisa tetap fokus bekerja, sementara anak berada di tempat aman dan terjamin. Lalu apa saja manfaat yang di dapat selama Si Kecil berada di day care? Berikut cerita para Smart Mama.

“Anak saya selama di day care memperoleh keterampilan yang bisa membantunya di sekolah nanti. Misalnya menempel, menggunting, melukis, menggambar, menyusun puzzle atau balok, menari, menyanyi, dan lain-lain. Yang saya lihat Si Kecil juga mulai terbiasa bermain dan bekerjasama dalam kelompok kecil atau besar. Dan ini otomatis ternyata membantu meningkatkan kemampuan sosialnya.” 
Netta, mama dari Manda, 2,5 tahun

“Anak saya yang dulu malu-malu, perlahan mulai menunjukkan rasa percaya dirinya sejak bergabung di day care. Kalau sebelumnya Si Kecil masih cengeng, setelah melihat banyak temannya di child day-care yang jauh lebih mandiri, ia akan meniru hal positif itu karena ingin merasa sama hebatnya dengan Si Teman.”

Katlyn, mama dari Bena, 3 tahun

“Anak saya sekarang jauh lebih mandiri, ia sudah bisa makan dan ke kamar sendiri. Sejak usia  setahun saya titipkan sampai sekarang tidak pernah rewel dan manja. Buat saya banyak sekali manfaatnya.”

Teresa, mama dari Varo, 2 tahun

Yang Perlu Anda Tahu dari Plus Minus Day Care

Program di day care memang sengaja dirancang sesuai perkembangan bayi dan balita sehingga membuat day care memiliki sisi positif dimana anak bisa belajar berinteraksi dengan anak lain, karena ia bertemu dan mengenal anak lain yang ada di day care.

  1. Anak memiliki kegiatan positif dengan bermain dan beraktivitas, sebab kebanyakan day care memiliki jadwal khusus dimana anak belajar mengenal bentuk, warna, angka, hurup dengan cara yang menyenangkan.
  2. Kekurangan day care, Anda terpaksa harus pulang tepat waktu untuk menjemput anak di day care. Ini memang jadi membuat Anda harus terburu-buru mengerjakan tugas kantor dan tak bisa mengambil waktu lembur. Jika harus terpaksa lembur, maka risikonya Si Kecil akan terlambat dijemput. Dan, kebanyakan day care yang ada, mengenakan biaya tambahan untuk keterlambatan penjemputan yang sudah disepakati. (Yosi Avianti/LD/ Photo: Istockphoto.com)

Shares