Mind

Q&A: Sulit Membuat Keputusan

By  | 

Q: Saya adalah seorang wanita bekerja dan juga ibu. Bila dihadapkan dengan beberapa pilihan, maka saya akan jadi bingung dan takut salah mengambil keputusan, terutama yang berkaitan dengan anak. Saya tak ingin seperti ini terus. Bagaimana sih caranya agar saya bisa lebih mudah mengambil keputusan saat dihadapkan dengan suatu pilihan?

Sita, 27 tahun, mama dari Widi, 2 tahun

A: Dalam hidup tentunya Anda seringkali dihadapkan pada berbagai pilihan. Wajar bila Anda merasa takut salah, apalagi bila berkaitan dengan urusan anak atau hal penting lainnya. Nah, berikut beberapa tip dari Smart Mama yang bisa Anda coba untuk membantu Anda lebih mudah mengambil keputusan.

  • Ketahui permasalahannya.Akan sulit bagi Anda mengambil sebuah keputusan bila Anda belum memahami sepenuhnya apa yang jadi persoalannya. Dengan memahami akar masalahnya, maka akan mempermudah Anda mengambil keputusan nantinya.
  • Pelajari segala kemungkinan.Sebelum mengambil keputusan, pertimbangkan terlebih dahulu baik dan buruknya setiap keputusan yang Anda ambil. Melakukan hal ini akan membuat Anda memahami yang manakah keputusan dengan risiko terkecil.
  • Pengecekan ulang.Bila Anda mendapatkan informasi dari orang lain, maka pastikan mengecek kembali kebenaran informasi tersebut ke sumbernya. Hal ini guna menghindari salah paham dan memengaruhi Anda membuat keputusan salah.
  • Minta saran.Bila cara di atas belum bisa membantu Anda, maka cobalah meminta saran dari orang berpengalaman dan memahami permasalahan ini. Jangan asal meminta saran pada sembarang orang ya, Mamas. Karena ketidaktahuannya akan suatu masalah bisa jadi justru menggiring Anda untuk mengambil keputusan salah. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares