Career

Tip Memulai Karier Di Atas Usia 30

By  | 

Mamas, Anda berencana memulai karier padahal usia sudah lebih dari 30 tahun? Jangan pesimis dulu ya, Anda bisa kok sukses berkarier meskipun sudah tidak muda lagi. Contoh saja pebisnis asal Amerika Serikat yang juga dikenal lewat acara TV, Martha Stewart yang memulai kariernya sebagai pialang saham saat usianya 32 tahun namun gagal, lalu memulai usaha katering kemudian menjadi editor sebuah majalah keluarga di usia cukup matang yakni 39 tahun. Kemudian ia sukses dengan acara televisi yang menyedot banyak penonton. Oleh karena itu jangan ragu memulai karier Anda ya Mams, berikut tipnya.

  • Bangun network Jujur saja di usia Anda yang sudah cukup matang, mencari pekerjaan tidak semudah seperti mereka yang masih fresh graduate. Oleh karena itu, segera perluas jaringan ya sehingga orang-orang yang sudah mengenal Anda dapat menaruh kepercayaan mengenai kapabilitas Anda dalam bekerja. Paling tidak mereka dapat melihat kepribadian serta bakat Anda terlebih dahulu walaupun Anda minim pengalaman.
  • Jadi pendengar yang baik. Sebagai pemula yang belum memiliki pengalaman ada baiknya Anda menjadi pendengar yang baik terlebih dahulu sambil menggali informasi lebih dalam seputar industri yang digeluti. Tak perlu memiliki opini dulu hingga Anda betul-betul menguasai bidang tersebut. Tenang saja Mams, keuntungan bagi Anda yang sudah di atas usia 30 tahun adalah orang-orang lebih respek dan Anda tidak mudah terkena distraction dalam bekerja.
  • Pura-pura sudah mengetahui pekerjaan Anda. Meskipun tidak beropini apapun, namun dalam menjalankan peran Anda, Anda harus berpura-pura sudah menguasai pekerjaan yang akan dijalani. Sikap ragu-ragu atau kelihatan tidak mengetahui bidang Anda sama sekali akan memengaruhi tingkat kepercayaan atasan maupun rekan kerja pada Anda. Tetap bersikap profesional dan percaya diri ya Mams. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares