Parenting

Tip Mengajak Si Kecil Naik Kendaraan Umum

By  | 
Satu hal terpenting dari mengenalkan Si Kecil pada transportasi umum adalah mengajarkan ia jadi anak mandiri. Kelak setelah ia besar dan terbiasa menggunakan transportasi umum, Sang Buah Hati bisa belajar menjaga dirinya sendiri. Lalu, apa saja yang perlu diajarkan saat hendak menggunakan transportasi umum? Berikut tipnya.
1. Kesabaran. Berbeda dengan menggunakan kendaraan pribadi, saat menunggu angkutan umum, Si Kecil harus rela menunggu sambil kepanasan, bersinggungan dengan orang lain, bahkan mungkin mencium aroma berbeda dari kendaraan milik orangtuanya. Hal ini secara tak langsung bisa melatihnya bersabar kan? Nah, jika Si Kecil mulai rewel, Anda bisa hibur dengan memberinya makanan atau minuman ya Mams.
2. Pilih rute yang dekat. Ketika membawa Si Kecil, ada baiknya Anda memilih rute terdekat terlebih dahulu. Ini untuk mengantisipasi rasa bosan dan lelah. Misalnya hanya naik Transjakarta dari Blok M menuju Monas. Sambil berjalan-jalan, Si Kecil bisa sambil melihat-lihat pemandangan sekitarnya.
3. Keamanan. Saat mengajarkan Si Kecil perhatikan juga tingkat keamanan. Misalnya, ajarkan ia menunggu kendaraan hingga benar-benar berhenti baru kemudian ia bisa naik atau turun. Kemudian beri tahu kepadanya untuk tak mengeluarkan tangan melalui jendela karena hal tersebut sangatlah berbahaya.
4. Perkenalkan tempat pemberhentian kendaraan. Perkenalkan terlebih dahulu tempat pemberhentian kendaraan umum yang akan digunakan olehnya. Ia mungkin sudah sering melihatnya di dalam buku, namun sebaiknya praktikkan aturan yang baik dan benar agar Si Kecil benar-benar mengerti. (Yosi Avianti/LD/Photo : Istockphoto.com)

Shares