Health

Q & A : Tip Cegah Sembelit

By  | 

Q : Beberapa minggu lalu, saya seringkali mengalami sembelit atau susah buang air besar (BAB). Jelas ini sungguh membuat perut terasa tidak nyaman. Adakah cara agar BAB saya lancar?
Henna, 30 tahun, mama dari Jenna 3 tahun

A : Memang mengalami BAB sangat menganggu. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena sebetulnya ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar BAB lancar.

1. Minum air putih. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama sembelit. Ketika asupan cairan sudah tercukupi, tubuh tidak perlu menghemat air agar organ-organ dalam berfungsi benar. Sebaliknya jika tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan, akan memicu penyerapan air pada usus besar dan mengakibatkan feses jadi keras dan kering. Anda disarankan minum minimal delapan gelas air putih per hari.

2. Olahraga ringan. Jika minum air putih tidak juga ampuh, kemungkinan karena gaya hidup Anda yang kurang banyak gerak. Cobalah jogging, lari-lari kecil, atau ikut senam aerobik. Banyak bergerak akan menggoyangkan perut dan usus, dan itu bisa berdampak positif mengatasi sembelit.

3. Perbanyak konsumsi serat. Untuk melancarkan BAB, setidaknya konsumsi serat antara 25 hingga 50 gr sehari. Serat bisa didapat dari roti gandum utuh, biji gandum, buah-buahan, dan sayuran. Serat berkhasiat melunakkan feses yang keras, padat, dan kering. Selain makanan berserat Anda juga bisa makan yoghurt yang mengandung probiotik.

4. Posisi saat duduk di toilet. Ternyata posisi duduk toilet pun bisa menentukan lancar atau tidaknya BAB.  Duduk di toilet dengan mengarahkan tubuh ke depan. Istirahatkan lengan di paha dan sedikit angkat tumit kaki. Alternatif lain, arahkan badan ke depan dengan memegang pergelangan kaki. Teknik ini akan membuat efek gravitasi, sehingga feses lebih cepat turun ke bawah.

5. Waktu BAB. Waktu Anda BAB juga tak kalah penting. Biasanya waktu terbaik untuk BAB adalah 30 menit atau sejam setelah sarapan. Namun bisa berbeda pada tiap orang. Usahakan makan teratur pada jam yang sama agar BAB juga lebih teratur. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares