Education

Trik Mengenalkan Binatang pada Si Kecil

By  | 

Buat Anda pencinta binatang peliharaan tentu memiliki keinginan agar Si Kecil ikut mencintai hewan, kan? Namun, bagaimana jika Si Kecil takut? Berikut trik Smart Mama, Mams.

1. Mengenalkan binatang lewat buku cerita. Anda dapat mengenalkan buku bergambar tentang binatang peliharaan yang lucu. Tunjuk dan sebutkan secara perlahan nama hewan tersebut. Tirukan juga bagaimana suara binatang ini berbunyi.

2. Ajak teman-temannya. Jika Anda punya hewan peliharaan kucing di rumah dan Si Kecil masih takut menyentuhnya, Anda bisa ajak teman sepermainannya yang menyukai binatang. Dengan begitu Si Kecil akan termotivasi mencoba ikut bermain bersama binatang nih, Mamas.

3. Menonton film tentang binatang. Cara lainnya adalah mengenalkan binatang lewat film atau tayangan televisi. Misalnya menonton pertunjukkan ikan lumba-Lumba atau film kartun seperti Kungfu Panda, Cats and Dogs, 101 Dalmatian, dan lainnya. Filter tayangan yang ada unsur memangsa atau dimangsa karena dapat menimbulkan trauma. Baiknya dampingi setiap Si Kecil menyaksikan tayangan di televisi maupun YouTube.

4. Pergi ke kebun binatang. Kebun binatang merupakan tempat tepat untuk melihat aneka hewan secara langsung. Jelaskan karakter masing masing satwa yang baru saja dilihat. Sambil melihat hewan, Anda bisa sekaligus memberi penjelasan, misalnya, mengenalkan gajah dengan ciri gadingnya, badak dengan culanya, atau zebra dengan kulitnya yang belang.

5. Membeli binatang peliharaan. Jika Si Kecil mulai terlihat menyukai binatang, tak ada salahnya membelikan hewan peliharaan sesungguhnya. Pilih hewan yang tidak berbahaya seperti ikan atau kelinci. Dampingilah Si Kecil saat  menyentuh dan memberi binatang itu makan. Ajarkan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap hewan peliharaan. Hewan peliharaan kini bisa menjadi sahabat menyenangkan untuk Si Kecil ya, Mams. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares