Education

Manfaat Bermain Origami untuk Si Kecil

By  | 
Bermain lipat kertas atau origami memang disukai anak-anak. Tak hanyak berfungsi sebagai mainan saja, bermain origami juga banyak manfaatnya untuk Si Balita lho, Mams. Apa saja manfaatnya? Simak yang berikut.
1. Belajar mengikuti arahan. Ketika Si Kecil mengikuti langkah demi langkah dalam melipat dengan baik, maka sebenarnya ia telah belajar bagaimana mengikuti petunjuk dan arahan baik dari orangtua, guru, maupun dari contoh gambar origami.
2. Belajar berkreativitas. Origami memang dunia kreativitas. Begitu banyak model origami yang bisa dipilih sesuai keinginan Si Kecil. Jika sudah mulai mahir melipat dan sudah banyak model yang ia buat, ini artinya ia belajar berkreasi dalam menghasilkan sesuatu.
3. Belajar tentang seni. Origami adalah seni melipat kertas, sehingga ketika seorang anak membuat origami berarti ia telah belajar berkarya (seni). Yaitu, seni melipat seperti teknik dan cara melipatnya berkali-kali, dan cara membentuk origami itu sendiri hingga menghasilkan sebuah karya seni.
4. Belajar membuat model. Origami adalah melipat kertas untuk membuat suatu model. Maka ketika seorang anak bermain origami, ia sedang belajar membuat dari selembar kertas (atau lebih) menjadi sebuah model sesuai keinginannya. Model dalam origami sangatlah banyak, biasanya berupa mainan binatang, pesawat, rumah dan lainnya. Model origami untuk anak biasanya terdiri dari lipatan sederhana. Namun tidak menutup kemungkinan, Si Kecil ingin mencoba jenis lipatan lain dengan tingkat kesulitan lebih tinggi. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares