Finance

Tip Agar Jauh dari Utang

By  | 

Sebenarnya, berapa pun besar penghasilan Anda, tak akan jadi masalah selama itu bisa dikelola dengan baik. Tapi jika Anda merasa selalu kesulitan mengaturnya bahkan sampai harus berutang, tip Smart Mama berikut wajib Anda simak.

1. Percaya diri. Seringkali wanita merasa gengsi kalau harus pergi ke suatu acara dengan menggunakan pakaian sama, atau tidak ‘pede’ kalau ke mana-mana menenteng tas tidak bermerek. Dan itulah alasan Anda menjadi boros, hingga saat duit menipis pun, kartu kredit jadi andalan. Jadilah wanita yang percaya diri, Mams. Belum tentu juga orang lain memerhatikan apakah Anda sudah pernah memakai pakaian di acara sebelumnya atau tidak. Penilaian orang lain tentang Anda tak bisa hanya diukur dari penampilan Anda semata, Mams. Jadi tak usah gengsi-gengsi lagi.

2. Rinci. Untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda berlebihan atau tidak, maka buat daftar rincian pengeluaran Anda selama sebulan itu untuk apa saja. Penggunaan kartu debit dan kartu kredit juga harus bijaksana ya, Mamas. Saat pengeluaran sudah membludak, jangan segan menolak ajakan hang out sahabat.

3. Biasakan mandiri. Orang yang mandiri secara finansial, tidak menggantungkan keuangannya dengan orang lain. Ia juga fokus mengelola keuangannya. Jadilah mandiri dengan membiasakan diri membayar tagihan-tagihan begitu Anda gajian, dan menyisihkan dana darurat.

4. Belanja sesuai kebutuhan. Bagi wanita, menahan hasrat belanja memang sulit. Jadi, untuk mengurangi kebiasaan gemar belanja ini, mulailah membiasakan diri dengan membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan.

5. Bijaksana dengan kartu kredit. Manfaatkanlah kartu kredit untuk hal darurat. Menggunakannya untuk shopping, hanya akan menumpuk utang Anda lho, Mamas. Jangan mudah juga tergoda membeli tiket promo pesawat untuk berlibur dengan menggunakan kartu kredit, jika ujung-ujungnya Anda kesulitan membayar tagihannya setiap bulan.

6. Biasakan menabung. Bila Anda ingin membeli sesuatu yang harganya lumayan mahal, biasakan menabung terlebih dahulu. Memaksakan membelinya dengan sistem kredit dan kewalahan saat mencicilnya juga akan menjadikan utang Anda semakin besar karena adanya bunga dan denda yang menumpuk akibat telat membayar.(Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares