Health

Q&A : Faktor Penyebab Selulit

By  | 

A : Beberapa bulan lalu saya mendapati selulit pada kulit area paha dan kaki. Jelas ini sangat menganggu penampilan, apalagi saya hobi mengenakan rok mini. Sebetulnya faktor apa saja yang bisa menimbulkan selulit plus cara mencegahnya?
Deta, 29 tahun, mama dari Kirena, 2 tahun

Q : Memang ada banyak faktor penyebab selulit yang tampak seperti kulit jeruk. Untuk itu kenali alasan mengapa selulit tersebut bisa ada di tubuh agar Anda bisa segera tangani.

1. Gaya hidup. Kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan asupan kurang sehat seperti mi instan atau produk kalengan berpotensi menumpuk racun dalam ‘kantung lemak’ yang merupakan cikal bakal selulit. Atasi dengan detoksifikasi yang dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi banyak makanan yang bersifat basa seperti buah-buahan dan sayuran segar.

2. Kehamilan. Selulit juga bisa terjadi pada ibu hamil. Kulit akan meregang untuk memberi ruang pada bayi sehingga tak jarang menimbulkan tampilan yang tampak seperti parutan. Jika Anda kebetulan mengalami hal ini, hal pertama yang dapat dilakukan adalah mencegah penambahan berat badan secara drastis.

3. Faktor hormon. Selulit ternyata juga bisa muncul karena hormon yang kurang seimbang. Atasi hal ini dengan menyeimbangkan hormon dalam tubuh dengan cara rutin berolahraga, tidur cukup, dan membatasi konsumsi kopi.

4. Usia. Bertambahnya usia memang tidak bisa dihindari, tapi kemunculan selulit tetap dapat disiasati dengan rajin mengoleskan pelembap alami seperti minyak zaitun atau virgin coconut oil tiap hari agar elastisitas kulit tetap terjaga. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares