Mind

Tip Kelola Emosi

By  | 

Saat situasi sedang tak berpihak pada Anda, emosi Anda kerap meningkat. Memang sih lebih lega jika emosi Anda luapkan agar tidak mengganjal di hati. Namun luapkan dengan cara positif ya Mams, jangan sampai ada pihak yang sakit hati pada Anda. Oleh karena itu Anda harus cerdas dalam mengelola emosi, simak caranya!

  • Tenangkan diri. Saat emosi melanda, sebaiknya Anda menyendiri terlebih dahulu. Jika Anda dalam ruang meeting maupun di tengah keramaian, tak ada salahnya Anda pamit untuk menenangkan diri ke toilet maupun ruangan tepat untuk Anda menyendiri sejenak
  • Bicarakan dengan tenang. Setelah menyendiri sejenak biasanya Anda sudah lebih tenang. Namun bukan berarti Anda tidak bisa meluapkan hal yang tidak Anda sukai. Tetap bicarakan keberatan Anda kepada orang yang bersangkutan namun dengan cara lebih baik daripada Anda marah. Sikap tersebut akan membuat lawan bicara Anda justru menjadi segan.
  • Luapkan dengan tepat sasaran. Kelemahan orang yang emosi adalah meluapkan sesuatu tidak sesuai permasalahan dan mengungkit sesuatu yang tidak ada hubungannya. Ingatkan diri Anda untuk meluapkan emosi secara positif dan sesuai sasaran serta tidak pelu keluar dari konteks.
  • Ingat efek jangka panjang. Yang harus Anda ingat adalah jangan sampai Anda menjadi malu dan kehilangan muka akibat meluapkan emosi secara negatif. Persepsi orang tentang Anda yang tadinya positif menjadi berbalik 180 derajat jika Anda tak mampu mengendalikan diri. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto. com)

Shares