Mind

Q&A: Tetap Dekat dengan Anak di Tengah Kesibukan

By  | 

Q: Sebagai mama bekerja dengan seorang anak laki-laki berusia 4 tahun, saya seringkali merasa kurang dekat dengan anak. Kesibukan pekerjaan menuntut saya untuk berangkat bekerja saat ia baru bangun tidur, dan tiba di rumah saat ia sudah mulai mengantuk. Walaupun saat weekend saya selalu berusaha ada untuknya, tapi saya ingin di hari-hari selain weekend, saya tetap bisa dekat dengannya. Bagaimana ya, caranya agar saya bisa lebih dekat dengan anak dengan pekerjaan yang sangat menyita waktu ini?

Dina, 29 tahun, mama dari Ben, 4 tahun

A: Menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak memang penting bagi perkembangan dan juga kebahagiaan anak. Di tengah kesibukan karier yang tak dapat ditinggalkan, Anda masih bisa kok, Mams menunjukkan rasa sayang Anda pada Si Kecil, dan tetap bisa dekat dengannya. Berikut tip dari Smart Mama yang bisa Anda coba.

  1. Peluk. Sesibuk apapun, sempatkanlah memeluk Si Kecil sebelum berangkat bekerja, saat tiba di rumah, dan saat menjelang ia tidur. Memeluknya selama tiga detik, tentunya sempat Anda lakukan kan, Mams? Dengan memeluknya, Si Kecil percaya bahwa ia merasa disayangi dan selalu aman.
  2. Luangkan waktu. Sisihkan waktu Anda sejenak khusus untuknya, berdua saja setidaknya selama 30 menit. Gunakan waktu ini untuk berbincang dengannya dan mendengarkan ceritanya di sekolah misalnya.
  3. Aktivitas pagi. Anda bisa mengajak Si Kecil bangun 30 menit lebih pagi dari biasanya untuk melakukan aktivitas bersama. Buat janji dengannya pada malam hari, agar bangun lebih pagi di esok hari untuk melakukan aktivitas bersama. Anda bisa mengajaknya bersepeda, atau main bersama dengannya di taman dekat rumah.
  4. Usahakan makan malam bersama. Walau Si Kecil masih balita, namun Anda bisa membiasakan hal ini sejak dini. Dengan makan malam bersama keluarga, anggota keluarga lainnya bisa saling berinteraksi, bercerita tentang kegiatan masing-masing di hari itu.
  5. Mendongeng. Anak-anak suka mendengarkan mama atau papanya membacakan cerita untuk mereka. Dan penelitian juga telah menunjukkan kalau membaca bersama anak dapat membantunya juga untuk jadi gemar membaca nantinya. Jadi, biasakan mendongeng untuknya sebelum tidur atau di kala Anda senggang ya, Mamas.
  6. Selalu ceria. Walau Anda lelah dengan kesibukan kantor dan macetnya perjalanan pulang, biasakan tetap memasang muka ceria di depan anak. Mereka akan lebih gembira menyambut kedatangan orangtuanya yang juga tampak ceria saat menyambut pelukan hangat anak-anaknya, dibandingkan melihat wajah muram dan lelah orangtuanya. Lagipula rasa lelah Anda juga pasti akan segera hilang saat melihat senyum gembira anak bukan?
  7. Jangan membawa pekerjaan pulang. Jangan membawa pekerjaan pulang ke rumah, usahakan pekerjaan Anda selesai di kantor. Dan hindari mengatakan, “Mama masih sibuk nih, Nak, mama lanjut kerja dulu ya”. Karena Si Kecil akan kecewa mendapati Anda yang sudah pulang ke rumah, tapi lebih memilih bekerja daripada bermain dengannya. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares