Health

Ragam Pilihan Sarapan Sehat Berenergi

By  | 

Ingin mengawali hari dengan penuh semangat dan energi? Maka biasakanlah sarapan sehat dahulu, Mamas. Kalau alasan Anda melewatkan sarapan karena tak sempat menyiapkannya, maka hal itu tak bisa jadi alasan lagi. Berikut beberapa pilihan menu sarapan sehat dari Smart Mama yang praktis, tinggi protein, dan rendah karbohidrat, yang bisa Anda pilih sebagai sarapan di pagi hari.

1. Pisang. Jika Anda benar-benar tidak sempat mengolah bahan makanan, Anda bisa langsung mengonsumsi buah pisang. Pisang merupakan salah satu buah dengan tingkat glukosa cukup rendah dan hampir tidak mengandung lemak. Makan pisang baik buat kesehatan mental karena kaya vitamin B6 dan juga mudah dicerna.

2. Smoothies. Blueberry smoothies bisa jadi salah satu pilihan. Tak hanya nikmat, namun kandungan anthocyanin dan karotenoid yang dalam buah ini dapat memperbaiki gangguan penglihatan, melancarkan pembuluh darah, dan menurunkan risiko kanker. Blender 30 gr blueberry, 1 cangkir susu rendah lemak, 1 sdm plain yogurt,  dan 1 sdt madu,  tuang ke dalam gelas. Blueberry smoothies siap dinikmati.

Anda juga bisa mendapatkan energi dari segelas jus sayuran hijau, yogurt pisang, apel dan digabungkan dengan beberapa buah lain yang Anda suka. Kale dan bayam merupakan sayuran favorit untuk dibuat smoothies hijau, karena rasa sayur tersebut dapat tertutupi.

3. Telur. Waktu terbaik makan telur adalah saat sarapan pagi. Anda bisa memasaknya menjadi telur dadar dengan tambahan sayuran, atau memasaknya menjadi telur mata sapi ataupun telur rebus. Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Bahkan  sebuah studi menyatakan bahwa mengonsumsi dua butir telur saat sarapan selama tiga minggu dapat menurunkan berat badan Anda sampai 3 kg lho, Mamas!

4. Oatmeal. Dikemas dengan serat, oatmeal adalah diet terbaik untuk sarapan Anda. Bagi yang tengah program diet, oatmeal adalah sarapan praktis paling dianjurkan. Oatmeal  juga sangat baik bagi kesehatan jantung Anda karena sarat akan serat yang mampu mengurangi kadar kolesterol. Campurkan oatmeal dengan susu rendah lemak, stroberi, kiwi, dan madu untuk sarapan nikmat sekaligus sehat.

5. Sereal gandum. Pilih sereal gandum atau sereal bekatul dari tanaman padi-padian yang tinggi serat dan juga mengandung zat besi serta protein. Anda bisa mencampur sereal dengan sedikit susu skim agar lebih nikmat.

6. Roti panggang dengan tomat. Panggang roti gandum dengan irisan tomat di atasnya, taburi dengan bumbu seperti kemangi, thyme, dan merica membuat roti panggang Anda menjadi sarapan sangat lezat. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares