Health

Yuk, Jaga Kesehatan Tulang Si Kecil!

By  | 

Tentunya Anda menginginkan Si kecil memiliki tulang kuat dan ia dapat beraktivitas dengan baik kan, Mams? Jadi, yuk kita perhatikan kesehatan tulangnya, agar tak mengalami masalah di kala dewasa nanti.

Tahukah Anda bahwa kerangka tulang Si Kecil terus berkembang lho. Dan tulang yang sehat sejak usia dini akan menjadi fondasi bagi kesehatannya hingga dewasa nanti. Walau pada dasarnya gizi, genetik, gender, aktivitas fisik, berat badan, dan hormon turut memengaruhi kekuatan tulang anak, namun Anda tetap dapat membentuk tulang yang sehat dan kuat sejak dini dengan beberapa hal berikut.

  1. Pola makan seimbang. Perhatikan asupan Si Kecil setiap hari, agar makanan dan minuman yang ia konsumsi dapat mendukung tulangnya agar tetap kuat. Pastikan Si Kecil rutin mengonsumsi sayur dan buah. Dan lengkapi menu hariannya dengan karbohidrat, susu, cukup air mineral, dan protein yang mengandung asam amino esensial yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan tulang.
  2. Cukupi kebutuhan vitamin D dan kalsium. Kalsium merupakan mineral dengan jumlah terbesar dalam tubuh manusia. Dan kalsium juga berperan sangat penting dalam pertumbuhan tulang. Sekitar 99% kalsium tersimpan dalam tulang dan gigi. Dan kecukupan mineral yang dianjurkan bagi anak usia 1-3 tahun adalah sekitar 650 mg, dan 1000 mg bagi anak usia 4-6 tahun. Cukupi kebutuhan kalsiumnya dengan mengonsumsi susu, sayuran, tempe, dan juga buah. Dan tak hanya kalsium, kecukupan vitamin D juga perlu diperhatikan. Mengingat perananan vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Sumber makanan kaya vitamin D bisa didapat dari susu dan minyak ikan. Sinar matahari di pagi hari juga sumber vitamin D lho, Mamas.
  3. Aktivitas fisik. Anak-anak setidaknya perlu beraktivitas fisik selama 60 menit setiap hari, untuk memiliki tulang yang padat. Berlarian di taman, menari, atau bermain hula hoop adalah beberapa contoh kegiatan fisik yang bisa dilakukan Si Kecil. Mengajaknya berolahraga seperti jogging, tenis, bulu tangkis, sepak bola, atau skipping juga bisa Anda lakukan. Kegiatan fisik ini dapat merangsang pertumbuhan sel tulang yang baru sehingga memadatkan tulang Si Kecil.
  4. Menjaga postur tubuh. Postur tubuh yang baik dapat mencegah tulang menjadi cepat rapuh. Mengajarkan anak bagaimana sikap tubuh yang benar saat duduk, belajar, dan berjalan akan membentuk postur tubuhnya dengan baik, dan dengan sendirinya akan memperkuat tulang, otot, dan ligament pada anak. Sikap tubuh yang baik sangat penting bagi anak. Karena, bila postur tubuh anak salah saat beraktvitas, akan mengakibatkan tulang-tulang jadi tidak lurus dan otot ruas serta ligament (jaringan pengikat sendi) akan tertarik lebih keras. Hal ini akan memicu anak jadi cepat lelah, tegang otot hingga akhirnya merasa sakit. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares