Health

Benarkah Terlalu Bersih Tak Baik untuk Si Kecil?

By  | 

Sebagai mama, wajar saja jika Anda menginginkan yang
terbaik bagi Si Kecil termasuk urusan kebersihan. Tanpa disadari bisa
jadi Anda melakukan sterilisasi agak berlebihan terhadap Si Kecil
berikut dengan barang-barangnya. Banyak juga mamas yang tidak
mengizinkan anaknya bermain di luar. Padahal terlalu bersih dan
higienis juga tidak baik lho bagi pertumbuhan Si Kecil. Mengapa
demikian? Yuk simak!

  • Sistem kekebalan tubuh Si Kecil akan lemah. Anak yang terbiasa super bersih justru sangat mudah terkena penyakit akibat terbiasa steril,lho. Hidup terlalu higienis memang dapat membunuh bakteri jahat, namun sayangnya juga membunuh bakteri baik yang berguna bagi sistem imun tubuh.
  • Memicu alergi. Ternyata hidup terlalu bersih dapat memicu alergi pada anak. Hal ini disebabkan oleh kurang kayanya ragam bakteri flora dalam sistem pencernaan sehingga anak rentan mengalami alergi.
  • Diabetes tipe 1. Lingkungan super bersih bisa menyebabkan aktifnya sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya membunuh sel yang memproduksi insulin.
  • Penyakit kulit dan asma. Akibat terlalu sering mandi atau menggunakan hand sanitizer juga dapat memicu penyakit kulit seperti eksim juga penyakit asma.

Oleh karena itu Mams, biarkan Si Kecil mengeksplorasi lingkungan meskipun ia harus bermain tanah atau lumpur, hal tersebut justru dapat memberikan kekebalan tubuh baginya. Tak usah khawatir, toh setelahnya Anda dapat membersihkan Si Kecil dengan maksimal. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares