Health

Q&A : Atasi Masalah Jerawat di Punggung

By  | 
Q : Saat ini saya tengah mengalami kurang percaya diri karena memiliki masalah jerawat pada bagian punggung. Adakah cara untuk menguranginya? 
Tisya, 27 tahun, mama dari Vira, 2 tahun
A : Masalah kulit satu ini memang bisa menggangu penampilan seorang wanita sehingga berpengaruh pada rasa percaya diri ya. Tak hanya di wajah, jerawat juga seringkali muncul pada area lain seperti punggung atau bahkan bagian tersembunyi. Berikut ini adalah tip mengatasi jerawat di punggung.
1. Menggunakan pakaian yang tepat. Jerawat dipunggung bisa disebabkan oleh pemakaian baju yang kurang tepat, misalnya menggunakan pakaian yang terlalu ketat, membuat panas, dan tidak dapat menyerap keringat, yang dapat menimbulkan bakteri yang dapat bercampur dengan sel kulit mati dan keringat. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan munculah jerawat.
2. Melakukan scrub secara teratur. Melakukan scrub bertujuan untuk pengelupasan sel-sel kulit mati agar tidak menutupi jerawat, sehingga jerawat akan lebih mudah disembuhkan. Anda dapat melakukan scrub di mana butirannya yang halus, bisa mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Setelah proses scrub selesai, jangan lupa untuk memakai lotion. Lakukan scrub secara teratur setidaknya seminggu sekali.
3. Penggunaan kondisioner. Kondisioner memang biasa digunakan untuk perawatan rambut. Namun tahukah Anda dalam kondisioner terkandung silikon yang jika terkena permukaan kulit, bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat. Oleh sebab itu, setiap kali selesai memakai kondisioner pada rambut, alangkah baiknya jika Anda langsung membersihkannya dengan sabun agar sisa kondisioner tersebut tidak terpapar pada permukaan kulit punggung. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares