Health

Penyakit yang Dapat Tertular Melalui Toilet Umum

By  | 

Aktivitas di luar rumah mau tak mau membuat Anda kerap berurusan di toilet umum, entah di kantor, di pusat perbelanjaan, maupun area publik lainnya. Namun ternyata Anda perlu berhati-hati saat menggunakan toilet umum ya, Mams. Pasalnya penggunaan toilet secara masal berisiko tinggi untuk menularkan penyakit sebagai berikut:

  1. Infeksi usus. Bakteri seperti e-coli, streptococcus, staphylococcus, dan shigella adalah kuman yang sering ditemukan di area toilet umum. Kontaminasi kuman atau bakteri di permukaan toilet dari orang yang terkena penyakit dapat menular pada orang lain. Bakteri atau kuman tersebut dapat menyebabkan Anda terkena diare bahkan infeksi usus.
  2. Infeksi kulit dan paru-paru. Bakteri streptococcus juga dapat menjadi penyebab infeksi tenggorokan dan gatal-gatal pada kulit. Sementara bakteri staphylococcus bisa mejadi penyebab tertularnya keracunan makanan, pneumonia, serta infeksi pada kulit.
  3. Influenza. Anda juga berkemungkinan terkena flu saat menggunakan toilet publik akibat terpapar virus influenza yang tahan hidup berhari-hari di permukaan toilet.
  4. Penyakit menular seksual. Yang satu cukup mengerikan ya Mams, namun bisa terjadi lho. Tetapi tak perlu panik Mams karena hal ini jarang terjadi. Biasanya hal ini dapat menular jika Anda terinfeksi kuman dari orang yang mengidap penyakit tersebut namun kuman itu mudah terbunuh dengan cairan pembersih.

Cara Mencegah Penularan Penyakit di Toilet Umum
Agar Anda terhindar dari penularan beberapa penyakit di atas, lakukan hal berikut.

  • Gunakan hand sanitizer atau tisu saat Anda membuka pintu toilet.
    . Bersihkan permukaan toilet dengan cairan pembersih khusus atau menggunakan toilet cover yang kerap tersedia di beberapa toilet umum.
  • Gunakan tisu saat Anda akan flush toilet untuk menghindari kontak langsung antara tangan Anda dengan bakteri di permukaan flush.
  • Jika Anda tidak memiliki alat pembersih, ada baiknya Anda setengah berdiri saat buang air agar tidak perlu duduk di permukaan toilet.
  • Cuci tangan di air mengalir dengan sabun setelah menggunakan toilet. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares